Sabtu, 18 Januari 2020

Pascasarjana: Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret




UNS Wajibkan Mahasiswa Program Doktor Menulis Jurnal Internasional Terindeks Scopus



Persyaratan menulis di jurnal terindeks Scopus menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian mahasiswa Program Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, termasuk di Fakultas Hukum. 

source image: scopus.com


Hal itu dibenarkan Ketua Program Studi S3 Ilmu Hukum, Prof Dr Hartiwiningsih di sela International Conference dengan tema Globalization of Law and Local Wisdom, Sabtu (20/10/2018).

"Bagi mahasiswa yang berlatar belakang birokrat persyaratan menulis jurnal internasional masih menjadi momok. Kalau mau serius sebenarnya tidak sulit. Celah untuk masuk ke jurnal tetap ada dan mahasiswa kami optimistis," kata Prof Hartiwiningsih yang didampingi Dr Emmy Latifah, koordinator dalam penulisan jurnal bagi mahasiswa pascasarjana FH.

Sejurus dengan Peraturan Rektor, PDIH UNS juga mewajibkan lulusannya membuat karya ilmiah dalam jurnal internasional ter-indeks scopus sekaligus mempresentasikan makalahnya dalam seminar internasional.

Diakui, dengan adanya persyaratan di atas sedikit mempengaruhi minat calon mahasiswa. Meski begitu pihaknya tetap mempertahankan aturan tersebut, karena itu sudah menjadi Peraturan Rektor. Salah satunya untuk mendorong internasionalisasi.

Internasional Conference juga salah satu upaya untuk menembus jurnal. Dr Emmy menjelaskan ada 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Diantara mereka ada yang yang mempresentasikan papernya.

"Satu orang ada yang mempresentasikan tiga paper. Targetnya semua bisa masuk scopus," ujarnya.  (Report by Evie Kusnindya/CN39/SM Network)


 
 
Previous Post
Next Post

0 comments: