Minggu, 20 Maret 2022

RBKunwas: Kupas Tuntas Zona Integritas

RBKunwas merupakan akronim dari Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan sebagai salah satu nomenklatur Kedeputian pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi atau kadang disingkat sebagai Kemenpan RB. 

Bagaimana implmentasinya pada organisasi unit kerja/satuan kerja Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur sebagai pengadilan tingkat banding di lingkungan Badan Peradilan Umum (Badilum), Mahkamah Agung Republik Indonesia?

by Albertus Usada, Orcid ID. 0000-0002-1793-0568, Social Science Research Network (SSRN) by Elsevier, the Netherlands.  

Perkembangan terkini (latest updates) tentang Pembangunan Zona Integritas (PZI) dalam kerangka memasuki Tahap Ketiga Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PRB) adalah dengan terbitnya kebijakan berupa Peraturan Menteri PANRB Nomor 90 Tahun 2021 tentag Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan melayani (WBBM), berlaku efektif mulai tanggal 31 Desember 2021 (atau dapat disingkat Permenpan RB No. 90 Tahun 2021).  

Untuk mengetahui dan memahami sebagai bagian upaya internalisasi nilai-nilai perubahan dalam aspek Reform yang diatur dalam Permenpan RB No. 90 Tahun 2021 tersebut, yang tentu saja sangat bermanfaat untuk melanjutkan upaya organisasi unit kerja/satuan kerja atau setidak-tidaknya apabila telah membangun Zona Integritas dapat segera menyesuaiakan diri dengan kebijakan baru sebagaimana dimaksud dalam Permenpan RB No. 90 Tahun 2021 untuk dapat diusulkan oleh Tim Penilai Internal (TPI) di kelembagaan Mahkamah Agung Republik Indonesia bagi organisasi unit kerja/satuan kerja maupun nantinya akan dinilai oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas guna meraih predikat WBK dan/atau WBBM di tahun 2022 atau tahun berikutnya bagi yang belum lolos meraih predikat WBK atau WBBM tersebut.  Termasuk dalam hal ini, ikhtiar unit kerja Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur agar segera menyesuaikan diri dan mengacu pada Permanpan RB No. 90 Tahun 2021 dalam membangun dan evaluasi Zona Integritas guna meraih predikat WBK pada proyeksi tahun 2022.

Selengkapnya, dapat disimak video deskriptif RBKunwas berikut ini:

Previous Post
Next Post

0 comments: