Minggu, 20 Maret 2022

Core Values dan Employer Branding Aparatur SN

by Albertus Usada, Orcid ID. 0000-0002-1793-0568, Social Science Research Network (SSRN) by Elsevier, the Netherlands.

Core Values dan Employer Branding BerAKHLAK, suatu optimalisasi guna mempercepat proses transformasi pengelolaan ASN demi terwujudnya pemerintahan berkelas dunia (World Class Government).

Sumber image: Kemenpan RB, 2021

Pada tanggal 27 Juli 2021, telah diluncurkannya Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, yang bertepatan dengan Hari Jadi Kementerian PANRB ke-62 dan telah dipublikasikannya Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN. 
Mahkamah Agung RI sebagai kelembagaan negara pun telah melakukan sosialisasi internal dan berlanjut pada internalisasi nilai-nilai core values dan employer branding tersebut. 
Baca juga: 

Core values BerAKHLAK sebagaimana dimaksud dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) No. 20 Tahun 2021 merupakan akronim  dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang merupakan dasar dan fondasi baru bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia. Diharapkan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, setiap ASN memahami nilai-nilai Core Value Berakhlak, serta pada gilirannya dapat mempercepat transformasi ASN. Dalam hal ini, perlu upaya menciptakan birokrasi yang akuntabel dan adaptif untuk memberikan pelayanan prima oleh birokrasi yang bersih dan akuntabel.  Kemudian, setelah memahami core values BerAKHLAK diharapkan tercipta employer branding sebagai karakter seorang ASN, yaitu "Bangga Melayani Bangsa" yang merupakan gambaran karekter ASN sebagai aparatur yang senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.  

Sumber image: Kemenpan RB, 2021


 

Previous Post
Next Post

0 comments: